mading, untuk sebuah jeritan diatas kertas

Standar

kalo cinta itu adalah drum..
aku pengen belajar lebih dalam tentang cinta
kalo cinta itu adalah musik..
aku pengen hidup aku dipenuhi cinta
dan kalo cinta itu seindah kamu..
aku pengen ngerasain jatuh cinta..
_Anonim_

Pita ngebaca puisi di mading sekolahnya dengan serius , dia pengen tau siapa sebenernya si Anonim itu.. “..siapa sih ni cowok , kayanya sering banget dia bikin puisi2 ga jelas kaya gini , tapi keren…”. kata Pita sembari beranjak dari mading.
“..Ti , lo ketua mading kan?..lo tau ga si Anonim itu siapa?”.tanya Pita ke Uti, Uti itu temen Pita , dia ketua mading di sekolah mereka. Uti menggeleng , “ngga tau , emang kenapa ,?”. tanya Uti heran. “..ngga sih , gw perhatiin puisinya sering banget masuk mading kita , emang ga jelas sih , tapi kata-katanya keren aja gitu , n gw suka cara dia mengekspresikan perasaanya.unik”.jelas Pita panjang lebar , yang ditanya cuma ber-Ooo.(tau ngerti tau kaga..).. “..emang lo tertarik buat kenal ma dia?”. tanya Uti lagi,Pita mengangguk kecil. “..iya , kayanya asik juga buat dijadiin temen , apalagi gw kan juga suka puisi , kali aja bisa berkarbonasi..”.. “..berkolaborasi..”.potong Uti , Pita cuma cengengesan.. “..udah kaya musisi aja lo pake kolaborasi segala..hehe”.kata Uti lagi yang disanggah oleh Pita..”..yee..biar aja , kan terobosan baru , berkarbonasi , eh kolaborasi dalam puisi..”..Uti manggut-manggut aja.. “..ya udah , nanti gw kabarin lagi dah..kalo ada perkembangan soal si Anonim itu..”. “..okeh.”.jawab Pita pendek , karena bel tanda pelajaran sudah memaksa mereka untuk kembali ke kelas masing-masing…

————————————————————————————————————

besokannya di sekolah , Pita ngecek mading lagi .“..ah , kali aja si Anonim bikin puisi lagi.”.pikirnya..n ternyata bener , pas dia cek di mading, ada puisi :

kenapa sih orang mengagung-agungkan cinta?
padahal cinta bisa buat orang terluka..
kenapa orang bisa lupa daratan karena cinta?
apa cinta itu seindah surga?
tapi kenapa buat aku datar-datar aja ya?
apa karena kamu belum ngajarin aku tentang cinta..
_Anonim_

..Pita geleng-geleng sendirian baca puisi itu , “..dasar aneh ni orang, bikin puisi apa curhat sih?”.kata Pita,,tiba-tiba Uti nyamperin. “..Ta, lo masih mau tau ga siapa si Anonim itu..?”. Pita mengangguk kegirangan. “..ehh..mau dong…dia kelas berapa sih?”.Uti menyodorkan kertas biodata . “..nih , namanya Andhika , tapi panggilannya Andi , dia anak kelas 3 bahasa ..tadi gw minta tolong si Ririn buat ngecek biodata dari pengirim puisi buat mading.”. Pita manggut-manggut .“..ohh, anak bahasa , pantesan aja bahasanya lumayan keren ,,oke deh , tengkyu ya Ti , oiya bilang juga makasih buat Ririn .!”.katanya sambil berlalu..dia mau nanya sama Putra, temennya di kelas 3 bahasa “..Put , lo kenal si Andi ga?”.tanya Pita pas udah ketemu Putra. “.iya kenallah,namanya satu kelas,emang kenapa?lo naksir?”..tanya Putra sambil mengerlingkan matanya , yang langsung di-hussh sama Pita. “..hussh,enak aja lo , ntar si Robby mau dikemanain..kaga , gw cuma naksir ama puisi bikinannya, keren..”jelas Pita panjang lebar. “..ohh , ya keren lah,anak bahasa gitu loh ,”.kata Putra sambil membusungkan dadanya. “..kalo gitu doang mah keciiil..gw juga bisa…niihh… ada kaleng isinya tinja,orang cengeng nontonnya film cinta”.kata Putra lagi sambil menirukan gaya seorang penyair..Pita tertawa geli. “.. itu mah pantunn,,doddoll..”..kata Pita sambil menoyor kepala Putra,Putra cengengesan.. “..oh ,iya ya…hehe..maaf lupa..”.katanya sambil garuk2 kepala.. “..eiya , tapi ada satu masalah…”.kata Putra lg.. “..apaan?”.tanya Pita. “..dia itu pendiem banget orangnya..anak-anak kelas aja jarang banget ngajak dia ngobrol..mahal banget suaranya…hehe..” .Pita cuma tersenyum mendengarnya , “ohh,,gitu..ywda.,tengkyu ya Put.”. kata Pita sambil beranjak ke kelas , karena(lagi-lagi)bel masuk sudah memaksanya kembali ke kelas..tapi di perjalanan balik ke kelas , dia bersikeras “..pokoknya gw harus bisa kenal sama dia..”.batinnya.

————————————————————————————————————

pas di rumah , Pita bingung mikirin cara apa yang paling pas buat kenalan sama Andi , “…oiya , lewat puisi aja ya…”.pikirnya,dia lalu bikin puisi :

mungkin aku bisa mengajarimu tentang cinta..
mungkin aku bisa membantumu mengerti
kalau cinta memang seindah surga.
kalau cinta memang patut diagungkan.
karena memang cinta adalah perasaan terindah
yang selalu kita rasa.
_Woku_
(Want To Know You)

“..nahh..gw rasa segini udah cukup buat menarik perhatian si Anonim.”.pikir Pita,ia lalu membereskan kertas-kertas berisi “ide gagal” yang berserakan,kemudian beranjak ke tempat tidur , dan…tidur..

————————————————————————————————————

besok paginya di sekolah , dengan terburu-buru Pita melangkah ke ruang mading , disana udah ada Uti dan Ririn lagi sibuk menyortir puisi-puisi yang bakal ditampilin di mading hari ini.. “..Ti,,,Rin…huhh..capekk..”.kata Pita setengah tersengal-sengal… “..lo kenapa Ta’ , kaya dikejar-kejar deadline?.”.tanya Ririn heran melihat Pita begitu terburu-buru..Pita menggeleng , “..ngga..ngga kenapa-kenapa , gw cuma mau ngasih ini…”.kata Pita smbil menyodorkan kertas berisi puisi yang semalem ditulisnya , Uti mengambil kertas yang disodorkan Pita , lalu membacanya. “..hmm..lumayan buat pemula , jadi lo bener-bener pengen kenal sama si Andi ini ya?”.tanya Uti yang dijawab anggukan oleh Pita , “..okeehh..ya udah , “.kata Uti lagi sambil menggabungkan kertas puisi milik Pita ke tumpukan kertas sortiran.. “..ehh, by the way si Andi udah ngirim puisinya belum,kalo udah liat dong?.”.tanya Pita, Uti menggeleng “..udah sih , tapi sorry , dokumen rahasia coy, lagipula nanti juga lo bakal baca.hehe..”.jawab Uti sambil nyengir.. “…huuu..pelit..”.kata Pita sambil manyun..Ririn cuma ketawa melihat tingkah Pita sama Uti yang seperti anak kecil. “..ya udah deh , gw duluan ke kelas ya..”.kata Pita sembari melangkah keluar dari ruangan mading,mereka hanya mengangguk kecil. “..kira-kira puisi Andi apaan ya..terus besok dia bales apa ya…?”..batin Pita sambil memasuki kelas..
pas istirahat Pita ngecek di mading, “…hhmmm..pinter..pinter..cerpen gw dimasukin di urutan pertama..hehe..”.kata Pita dalam hati sambil manggut-manggut.pas dia liat deretan kedua ternyata ada cerpen dari si Anonim.

keindahan pagi hari….
sangat menyejukkan hati.
melihatnya berjalan menyusuri
sepinya lorong hati..
keindahan pagi hari..
ingin bisa kumiliki
tanpa ku harus takut kehilangan dia lagi..

_Anonim_

. “..wahhh..kayanya ni anak lagi jatuh cinta nih..sama siapa ya?”…pikir Pita penasaran, dia lalu beranjak menuju kantin , di kantin, saat hendak makan , Pita melihat Andi duduk tak jauh dari mejanya,tapi,,sendirian,bener-bener ga ada anak-anak yang nemenin dia..
“.kenapa dia sendirian ya?masa iya dia ga punya temen sama sekali?”.pikir Pita bingung.tapi tak urung Pita melanjutkan makannya , walau sesekali melirik ke arah Andi.
Pita kemudian menghampiri Andi , Andi hanya melirik lewat ekor matanya.
“Andi ya,,atau Anonim..” , kata Pita sambil menyodorkan tangannya , Andi menghentikan makannya dan membalas uluran tangan Pita . “..boleh duduk sini.” , Tanya Pita lagi , Andi hanya mengangguk pelan , Pita kemudian duduk. “..lo kok sendirian?” tanya Pita , “..gw ga punya temen , lagipula ga penting banget mw gw sendirian pa ngga , bukan urusan lo!” , jawab Andi dengan sinis , Pita terhenyak kaget , ga menyangka Andi bakalan sinis kaya gitu , “..pantesan aja lo gak punya temen , lo sinis kaya gitu siapa yang tahan deket ma lo.” ,Andi langsung menatap tajam ke arah mata Pita . ..deggg.. jantung Pita serasa mw copot melihat tatapan Andi,dia melihat kemarahan , tapi juga kesedihan di situ. Andi bergegas membayar makanan , kemudian meninggalkan Pita yang masih terdiam. “..ihhh , amit2 banget tuh cowok , berasa ganteng dunia akherat , baru gw samperin kaya gitu tanggepannya udah sinis banget,akh , jadi kehilangan selera makan gw.” , Pita bergegas membayar makanan yang baru dimakannya setengah. dia lalu beranjak ke kelas dengan tergesa -gesa sambil menahan marah.

———————————————————————————————————–
malamnya di rumah , Pita curhat sama Uti di telpon , masih sambil misuh-misuh ga jelas , masih ga terima dengan sikap Andi tadi . “..ya sekarang lo bayangin aja Ti , gw , nyamperin dia baik-baik , niat gw baik , mw kenalan ma dia , eh , apa coba tanggepannya , sinis gila , berasa ganteng dunia akherat banget ngga tuh cowok!.”. Uti hanya menghela nafas , “..ya udah sih , tadi kan di kelas lo udah cerita , gw pikir emosi lo udah reda , ngga taunya meledak lagi , emang seberapa pentingnya sih si Andi buat lo?.” . Pita diam , “..heehh , gw tanya bengong aja lo , kenape , kesambet?.”. “..ya bukan gitu Ti , cuma kan aneh aja , gw jadi penasaran kenapa sikap dia kaya gitu , bahkan si Putra ,temen sekelasnya aja jarang banget ngobrol ama dia , aneh kan , …Ti…..Ti…..oii..yah , pasti dia ketiduran lagi , kebiasaan , …” . Pita bingung karena orang yang dimaksud di seberang ga kedengeran lagi suaranya , ternyata Uti tertidur , mungkin karena lelah mendengar ocehannya Pita… “Uti ,,Uti..masih ada aja orang kaya lo….”. batin Pita sambil mematikan telpon. dia lalu menghempaskan tubuhnya ke kasur , matanya menerawang menatap langit-langit kamarnya yang dihiasi poster Sasuke yang gede banget . “..matanya Andi , persis kaya sharingannya Sasuke , nyeremin……ah , tau ah gelap , ngapain juga gw mikirin dia , sok cool , sok keren..mending gw mikirin my sweety pinny honey , ..mmuacch…laffu so much Robby , met bobo..oooaaaaaheeeeemmmm…” .Pita menguap lebar , ga lama kemudian Pita tertidur.
————————————————————————————————————
..Cinta , siapa yang berani mengajariku tentang cinta
buat apa mengajariku tentang omong kosong
tentang kehampaan , dan tentang rasa sakit berkepanjangan
..aku tak butuh kamu mengajarkan aku tentang cinta
karena aku tak mau diajarkan tentang
bagaimana membohongi diri sendiri..
dan aku tak ingin kenal kamu.

Anonim

“..ggrrrr….kurang ajar banget tuh cowok..ngocol”. batin Pita geram setelah melihat puisi balasan Andi keesokan paginya di sekolah . “..awas aja ya… gw gamparin tuh cowok kalo ketemu ..hhihhh…” . dengus Pita sambil menuju ke kelasnya Andi . “..Put , Andi mana , pengen gw gamparin tuh cowok….” . tembak Pita , tepat di depan mukanya Putra . “..etdeh , lo kaya singa betina aja lo , pagi – pagi , udah nyonyot , manyun , muka kusut kaya setrikaan belom digosok…ngapa bu , what happen aya naon to you??”. tanya Putra bingung karena pagi – pagi udah dihadiahi omelan sama Pita . “..masa puisi gw dibales nyakitin banget , ngocol banget tuh cowok , kasih tau tuh sama temen lo , jangan sembarangan sama orang..!!”. “..mending kasih tau langsung aja sama orangnya…”.Pita yang belum menyelesaikan omongannya kaget mendengar suara itu , ternyata Andi , dengan santai Andi langsung menaruh tasnya , dan beranjak ke kantin , sementara Pita terdiam . “..iya tuh , bener.. , dah ada orangnya tuh , mending lo ngomong langsung aja sono….gratis , ga pake bayar…hehe..” . kata Putra menimpali , Pita cuma mencibir kesal , dan langsung menghampiri Andi yang sedang menuju kantin.
“..Stop!!..” , Pita menghadang langkah Andi , Andi menatap tajam ke arah Pita .
“..mau lo apa sih..?!”. tanya Andi kesal , karena Pita masih berada di depannya dan menghalangi jalannya . “..sekarang gw tanya mau lo apa , gw bikin puisi baik-baik ,ehhh,, lo balesnya nyolot kaya gitu??…” . Andi mengernyitkan dahinya mendengar perkataan Pita barusan , tapi kemudian dia tersenyum . “..ohh , jadi lo si Woku itu yah…!” . kata Andi yang membuat Pita sedikit salah tingkah , (biasa , ekspresi kegep kaya gimana sih?? hehe). “..Iya , terus kenapa kalo gw si Woku?!.” . jawab Pita sengit yang membuat senyuman Andi berubah menjadi tatapan marah ,. “..sekarang lo yang kenapa…aneh , pagi-pagi , udah marahin orang , gara-gara puisi di mading aja..lo kaya kebakaran jenggot , mading tuh dibuat untuk jeritan di atas kertas tau!..dan gw berhak , nulis apapun yang gw mau …dasar cewe aneh , psycho….ga pernah diajarin sopan santun ya lo!!..” . kata Andi sambil meninggalkan Pita yang masih sewot . “..Yeeee..lo tu yang aneh , gw nulis puisi baik-baik , dibalesnya ngeselin!..dasar cowok berasa ganteng dunia akherat…kaya iye(oke) aja lo!!..” . kata Pita setengah berteriak , sementara Andi terus ngeloyor pergi , sementara beberapa anak tampak berbisik -bisik menyaksikan “adu bacot” yang baru saja terjadi . “..NGAPAIN LO SEMUA BISIK-BISIK !!..BELUM PERNAH NGELIAT ORANG MARAH-MARAH!!….. MAU GW MAKI-MAKI JUGA!!…..” hardik Pita galak sambil mendengus kesal , ia pun berlalu meninggalkan “arena pertempuran” dengan perasaan marah .

————————————————————————————————————
“…jeritan di atas kertas…………maksudnya Andi apa ya??…” . Pita masih memikirkan perkataan Andi tadi pagi , Pita masih ngga habis pikir , dia itu baru kenal sama Andi , tapi dia udah berani ngomong kasar ke Andi , padahal apa pentingnya coba , it’s all about nothing , just poems.. .. dan perkataan Andi tentang dia berhak nulis apapun semaunya dia itu bener , Pita mulai nyalahin dirinya sendiri , tapi ia menggelengkan kepalanya keras-keras “…sial , kenapa gw jadi feel guilty gini sih…. masa gw harus minta maaf sih…tengsin kaleeeee…” . batin Pita sambil beranjak dari mading.
sementara Andi lain lagi , dia masih ngga percaya kalo ternyata si Woku itu adalah Pita , cewe yang ditaksirnya selama ini .. “.. ..gila , mimpi apa gw semalem , ..ternyata dia orangnya ….tapi kenapa semuanya harus berawal dengan kejadian kaya gini sih…Damn!!..” . gerutu Andi kesal sambil mengeluarkan motornya dari parkiran .
sementara di tempat yang sama , di parkiran motor , Robby , pacarnya Pita juga sedang mengeluarkan motornya ketika tiba-tiba…dukkkk…. seseorang menyenggol motornya . “…eh , sorry boss,,gw ga sengaja…” . kata orang yang menyenggol motornya , dia lalu membuka helmnya dan bertanya . “..motor lo ga papa bos?.” . tanya orang itu yang ngga lain adalah Andi , yang juga baru mengeluarkan motornya dari parkiran , Robby menggeleng sambil tersenyum . “ah , gapapa bos , nyantai aja..biasa mah kalo di parkiran senggol-menyenggol..hehe..” . kata Robby . “..oiya , gw Andi , 3 bahasa , lo kelas berapa ?”. tanya Andi sambil memperkenalkan diri . “..gw Robby anak 3 IPA 2..” . dan mereka pun terlihat mengobrol dengan santai.
Di kejauhan , Pita yang hendak menghampiri Robby , kaget melihat Robby sedang ngobrol sama Andi , tapi tak urung , dia melanjutkan langkahnya ke arah parkiran motor . “..lo kenapa bos , kayanya suasana hati lagi empet banget..masalah perempuan??.” . tanya Robby , Andi hanya tersenyum kecut . “..iya nih , tadi pagi ada cewe psycho nyamperin gw , ngomel – ngomel di depan gw , cuma gara-gara puisi yang dia bikin gw bales dengan nada sinis….kampret tuh perempuan !.” .kata Andi , Robby tergelak mendengarnya . “…hahaha….gokil banget tuh perempuan….” katanya sambil mengeleng-gelengkan kepalanya ,tiba-tiba “..yang , pulang yuk , udah sore nih…!” . ternyata Pita udah ada di belakang Robby (untungnya dia ga denger apa yang barusan di bilang Robby yah , kalo denger , pasti udah pada bisa nebak dong??hehe……) . Andi kaget , karena yang menegur Robby adalah Pita , dan yang lebih kaget lagi , karena Pita menegur Robby dengan kata “Yank”. Andi merasa hatinya teriris .“…oiya Ndi , kenalin ini Pita , cewe gw .” . kata Robby memperkenalkan Pita ke Andi , Andi hanya tersenyum kecut sambil mengulurkan tangannya dengan malas . “..Andi .” , katanya dengan nada datar . “ ..gw Pita..” balas Pita tak kalah datar. “..pulang yuk , dah sore nih.”. kata Pita sambil melihat ke arah jam tangannya , Robby mengangguk kecil sambil pamit ke Andi . “..duluan , Ndi..”. Andi hanya mengangguk dan bergegas memakai helmnya kembali.
saat motor Robby jalan Andi melepas helmnya lagi , dan saat itu juga Pita menoleh ke belakang , saat matanya bertatapan dengan Andi , dia melihat Andi menatapnya dengan pandangan lesu.
Andi tertunduk lesu , dia tahu , Penantian panjangnya selama 3 tahun harus berakhir disini , yang ada dari Andi sekarang cuma penyesalan , karena ngga pernah berani utarain perasaannya ke Pita , Andi cuma berani ungkapin semua perasaannya di mading , mading untuk jeritan hatinya di atas kertas.TAMAT

dedicated to : “dia” , untuk semua kenangan yang belum terselesaikan selama 7 tahun ini….dan gw harus mengubur smua kenangan itu karena dia akan nikah bentar lg……..gud bye…

Tinggalkan Balasan

