untuk semua kenanganku bersamanya

Standar

“SEBUAH CINTA UNTUK SELLY….DAN HANYA UNTUK SELLY”

Andi menghampiri Selly yang sedang berjalan menuju kantin . “..Ly..!” . panggil Andi setengah berteriak, Selly menoleh,dengan sedikit tersenyum.. “..Hai Ndi, kenapa?”.tanya Selly ramah, Andi hanya menggeleng pelan, “..ga kenapa-kenapa kok,cuma mau ngajak makan bareng,mau?” ajak Andi, Selly hanya tersenyum sambil mengangguk..dan terlihat mereka berdua berjalan menuju kantin..mereka makan sembari bercanda, kadang terlihat sesekali Selly tertawa mendengar banyolan Andi.ga’lama kemudian terdengar bel masuk berbunyi..mereka beranjak meninggalkan kantin (dengan membayar terlebih dahulu tentunya).dan masuk ke kelas masing-masing..
Begitu masuk kelas, Selly dikagetin sama temennya… “..Duaarrr…!!”.. “..Eh monyet
jatohh..ehh..” seisi kelas tertawa mendengar latahan Selly.muka Selly memerah menahan malu,sementara cowok yang ngelatahin Selly cuma tertawa kecil kemudian memberikan ekspresi iba.. “..uuhh..kaciaan..ada monyet jatoh..mati ga’ tuh monyet..hehe..”. “..Selly menghampiri cowok itu dengan gemas.. “..huuhhh..lo jahat banget sih Dik!…hhhiihh!”
Kata Selly sambil nyubit lengan Dika dengan keras (..yaahh,u know lah cubitan cewek kaya gimana…kecil,,pake kuku..udah gitu berulang kali…).. “..AAAAAwww…..sakkkiiitt Ly……adduuududuuhh…” . kata Dika sambil meringis dan mengelus-elus lengannya.. “..gila loh..cubitan lo sakit banget…anjrit…kaya cubitan cewek…”.Selly membelalakkan matanya dan nyubit Dika lagi. “…AddddUUOOOooohh…Iyyaaaa…ampuuuuuuuun…ampun Ly….kan cuma becanda!!”.Selly melepaskan cubitannya,sambil tersenyum puas, sementara Dika meringis menahan sakit dan meniup-niup lengannya yang seperti digigit semut bako.. “..makanya jangan macem-macem sama Selly..mau lagi?”.ancem Selly yang diikuti gelengannya Dika. “..emoh..nggaak..ampun ah…lu mah ga kira-kira..nyubit gw kaya meres cucian..liat nihh…jadi ungu nih..”.kata Dika sambil menunjukkan lengannya yang dicubit Selly tadi..Selly menjulurkan lidahnya,mengejek Dika. “..weekkk…emang enak!geseran dong!”.kemudian Selly duduk di samping Dika..ga berapa lama dateng guru piket,memberitahukan kalo guru pelajaran B.Indonesia ga bisa dateng karena sakit..dan anak-anak diminta belajar sendiri..kelas langsung rame..sementara Selly asik ngobrol sama Dika..curhat soal Andi,cowok yang lagi giat-giatnya deketin Selly..
————————————————————————————————————

“..yaaahh..terus gimana dong Dik,,gw emang suka sama Andi,,dari dulu malah, tapi kan gw cewek..masa iya sih gw nembak dia duluan..malu tau!kalo ditolak gimana,lo mau tanggung jawab?”.kata Selly keesokan harinya pas jam istirahat..Dika cuek,ga ngjawab pertanyaan Selly.. “..Dik…Dika..ihh..bt banget deh..gw nanya dicuekin..Dika!”..kata Selly lagi sambil menari-narik baju Dika..”hhihh..apaan sih..yyyeee…kenapa jadi gw yang disuruh tanggung jawab?..gw lagi ngerjain PR nih..kan tadi udah gw bilang,,sekarang tuh jaman emansipasi,,ga penting yang mana duluan yang nembak..kalo sama-sama cinta..!kan jadi udah ketauan jawabannya, jadi ngapain takut ditolak.Tul ga?..jawab Dika panjang lebar..Selly cuma mengangguk-angguk kecil. “..iya juga yah..”..tiba-tiba “..Ly,,makan bareng yuk,mau ga?” . ternyata Andi.Selly langsung salah tingkah,panik. “..hei Dik..lagi ngerjain PR lo?”.tanya Andi berbasa-basi. “..iya nih..banyak banget”.jawab Dika sekenanya,Andi cuma mengangguk-angguk kecil. “..Dik..gimana nih..dia ngajak gw makan bareng..gw iyain ga?.”kata Selly setengah berbisik.Andi mengernyitkan dahinya,, penasaran.Sementara Dika cuma angguk-angguk sambil ngomong”..iyaa udah sonoo..kalo emang lo mau..lo tembak aja,,tapi kalo lo malu..lo pancing-pancing aja biar dia nembak duluan..sono ah..hussh..!”.kata Dika sambil mengibas-ngibaskan tangannya.. “..Duluan yah Dik,,gapapa ya Sellynya gw culik bentar..hehe”.Dika hanya tertawa kecil.Selly pun beranjak menghampiri Andi,sementara Dika memperhatikan Selly sambil menggelengkan kepalanya.. “..dasar cewek,,masalah gitu aja kok direpotin!”.katanya dalam hati.ia pun kembali fokus mengerjakan PRnya yang sempat tertunda.
Setelah jam istirahat usai.“..gimana,sukses?..”.Tanya Dika penasaran ..Selly hanya menggeleng lemah.. “…belum Dik,,tadi dia udah bilang dia sayang sama gw,terus udah nanya ke gw mau ga gw jadi ceweknya dia…tapi….”..omongan Selly keburu dipotong sama Dika. “..tapi diterima dong..masa iya penantian 2 tahun lo tolak gitu aja..iya kan..!”..tanya Dika bersemangat..Selly diem.. “..Ly…oi..orang,,lo terima kan?”.Tanya Dika lagi..Selly masih diem,,tapi kali ini menggelengkan kepalanya.. “..loh kenapa Ly..bukannya lo juga udah suka sama Andi dari dulu.?”.Dika keheranan ga mengerti jalan pikirannya Selly.. “..gw ga tau Dik.. kaya ada yang nahan perasaan gw untuk bilang iya ke dia.!”.Dika cuma menggelengkan kepalanya dengan keras. “..oohhh noo…jangan Selly yang ini yang keluar,,jangan bilang plin-plan lo muncul dan lo nolak Andi gitu aja..!?” . Selly diem ,agak lama sampai akhirnya Selly ngejawab”..kali ini gw bukan plin-plan Dika..tapi gw ngerasa..ada seseorang yang nungguin gw..yang berharap dapet jawaban dari gw..!.” . sambil menatap ke mata Dika,dalam sekali..Dika ga siap dengan ekspresinya Selly.Dika menggeleng.. “..Ly..orangnya ya pasti Andi..karena gw tau dia sayang sama lo..dan lo juga sayang sama dia..iya kan..udah ah,,gw males ngomong sama lo kalo lo lgi plin-plan kaya gini..gw ke toilet dulu..dari tadi nahan pipis,,gw pikir lo bakal ngasih kabar baik ke gw..ga taunya kabar buruk..Payah!!”.. Dika mengibaskan tangannya sambil beranjak keluar kelas..Selly hanya menatap punggung Dika.tanpa tau harus berkata apa lagi..tiba-tiba keisengannya muncul..dan mulai baca-baca buku PRnya Dika yang berada di atas meja..lembar demi lembar dia buka, tiba-tiba dia membaca tulisan, tepatnya puisi Dika yang membuat jantungnya seakan berhenti berdetak.

“..Biarkan hati ini yang tau..betapa cintanya aku padanya
Biarkan waktu yang tau,aku akan setia menunggu dirinya
Biarkan dia tau,aku punya cinta yang memang hanya untuknya
Tapi aku tak akan biarkan diriku yang milikinya
Karena aku hanyalah ketidaksempurnaan yang merusak keindahannya.
Karena aku hanya ingin melihatnya bahagia
Karena aku hanya ingin melihat senyumnya
Bukan kesedihannya
Seandainya dia tau tentang hatiku.biarlah
Seandainya dia membenciku,biarlah
Setidaknya dia tau bahwa aku mempunyai sebuah cinta untuknya
Dan memang hanya untuknya.”.

“..gw ga tau kapan Selly sadar kalo gw cinta bgt sama dia..tapi itu lebih baik,karena gw tau Andi jauh lebih baik daripada gw.”

Selly ga abis-abisnya berpikir,kenapa Dika nyembunyiin perasaannya ke dia,kenapa Dika ga pernah coba untuk utarain perasaannya,,atau kenapa Dika ngedukung Selly untuk pacaran sama Andi..kenapa,,kenapa dan kenapa,cuma itu yang berkecamuk di pikiran Selly sekarang.Tiba-tiba sekilas Selly melihat Dika memasuki kelas,dia buru-buru mengembalikan bukunya Dika ke posisi semula. “…udah pipisnya..?.”.tanya Selly.Dika keheranan karena Selly bertanya seperti itu. “.udah,emang kenapa,,lo mau pipis juga,,?hehe..”.jawab Dika sambil bercanda..Selly hanya tersenyum kecil..entahlah,ketika mengetahui semuanya,,dia ngerasa sangat bahagia..beda seperti yang dia rasakan sama Andi,dia ga pernah ngerasa senyaman dan sebahagia ini kalo berada di dekat Andi.. “..apa gw juga suka ya sama Dika”..pikirnya sambil senyum-senyum sendiri.sementara Dika cuma ketawa-ketawa aja ngeliat Selly bertingkah seperti itu karena Dika pikir Selly lagi mikirin Andi seperti biasa.
Sepulang sekolah,Selly menghampiri Dika di parkiran motor”Dik,pulang bareng yuk?”…Dika mengernyitkan dahinya. “..hah,,pulang bareng?lo ga sama….”. “.Andi?”.potong Selly..Dika mengangguk.”..engga,gw bosen naek mobil melulu.kasian kan tukang ojek gw dianggurin..hehe”..kata Selly sambil tersenyum jahil ke Dika..muka Dika langsung cemberut,tapi seketika berubah cerah..”ya udah,,yuk”.katanya sambil melepas jaketnya..”..nih lo pake jaket gw ya,,biar ga masuk angin”..Selly menolak halus. “..ga,ah..kan rumah gw deket..ngapain.”.Selly menggeleng. “..udaaah..pake,,walopun deket tapi kan rumah lo ntu 15 kiloan dari sini,,dan kalo lo ga pake jaket itu beresiko menyebabkan masuk anjing,,pusing,,angin duduk..dan..”.belum selesai Dika ngomong Selly langsung mengambil jaket Dika dan memakainya, “..udah,,langsung aja yuk..udah cukup gw dikuliahin sama pak Yudhi tadi..hehe.”.Dika mengangguk kecil sambil cengengesan.. “..hayuuu…mareee..”.katanya sambil menyalakan mesin motor..Selly naik dan terlihat motor bergerak keluar dari pelataran parkir..dan langsung cabut..
Di perjalanan. “..Dik,makan dulu yuk,gw laper nih.!”.ajak Selly,Dika memelankan laju motornya. “..ayo,lo mau makan dimana?.”. “..emm..di tempat biasa aja..di warungnya Bang Dali. “.kata Selly.Dika mengangguk dan mengarahkan laju motornya ke warung ketopraknya Bang Dali.sesampainya di sana ternyata warung Bang Dali lagi sepi, Selly dan Dika langsung disambut senyum dan sapaan khas Bang Dali.. “..hallo Neng Selly,Hallo Mas Dika..tumben nih,dateng berduaan..ciee..ciee nih..”.ledek Bang Dali,Selly dan Dika hanya bisa tersenyum.”cie..ciee apa sih Bang?ane lagi nganterin anak orang nih,kelaperan..hehe”.kata Dika jahil,Selly langsung menyikut pinggang Dika pelan,Bang Dali hanya tersenyum kecil melihat tingkah kedua langganannya itu.. “..Biasa ya Bang,,pedas..diaduk ya Bang.”.kata Selly sambil meraih kursi dan duduk.”satu aja Bang,ane masih kenyang..ane minum aje,,biase..kopi susu.”kata Dika sambil duduk di samping Selly.kemudian Dika beranjak dan memberi kode ke Selly kalo dia mau beli rokok.
Ga lama kemudian ketoprak dan kopi susu yang dipesan Selly dan Dika jadi..mereka pun sibuk dengan pesanannya masing-masing. “..eiya Dik,,gimana soal gebetan lo,,gw perhatiin ga ada kemajuan,,kaga pernah keliatan batang idungnya tuh cewek?”..tanya Selly tiba-tiba yang membuat Dika tersedak(.serangan yang mendadak buat Dika). “.ehm..uhukk..yaa..gitu deh,gw lagi ga terlalu mikirin cewel Ly..enakan sendirian.”jawab Dika pelan sambil berusaha memperbaiki ekspresi kekagetannya.Selly hanya ber-Ooo.. “..Emang siapa sih orangnya,kenalin kek sama gw..gw kan juga pengen tau orangnya..sekelas ma kita juga?”Tanya Selly lagi yang membuat Dika makin gelagapan. “..eemmm..ngga,beda sekolah…”.Dika menggantung ucapannya sambil menghela nafas,berat rasanya ngebohongin Selly kaya gini,tapi dia ga pengen Selly tau perasaan dia yang sebenarnya ke Selly.Selly cuma mengangguk-angguk kecil,kemudian melanjutkan makannya,sementara Dika sibuk dengan kopi susu dan rokoknya.
Ga lama kemudian mereka selesai,setelah membayar dan sedikit berbasa-basi dengan Bang Dali mereka pulang.
———————————————————————————————————–
Sebulan udah lewat setelah acara makan di warung Bang Dali itu.dan keliatannya Selly juga mulai agak lupa dengan perasaan Dika.itu juga karena Dika yang terus cuek dan tidak mau jujur soal perasaannya.sementara Selly makin deket sama Andi,dan suatu hari di kelas pas banget Dika baru nyampe, Selly ngomong “..Dik,gw udah jadian sama Andi.. “..Dika terdiam sejenak,tapi kemudian. “..oya..?gimana ceritanya..waaahh..finally , Selly the dodol galz..jadian juga sama Andi..yess..uhuu..congratz ya Ly.!”..kata Dika girang sembari berusaha menyembunyikan kesedihannya.. “.iyalah,siapa dulu dong the man behind the lovenya.Dika gitu loh…hehe..” . Kata Selly , Dika langsung menepuk-nepuk dadanya.. “..yaa iyalahh,,masa ya iya dong sih..hehe”..kemudian mereka ngobrol sambil sesekali bercanda.obrolan mereka terhenti karena bel masuk sudah berbunyi dan pelajaran pertama akan segera dimulai..
——————————————————————————————————
Beberapa hari terakhir,Dika keliatan lemas,dan sering batuk-batuk.tiap Selly nanya, dia selalu bilang mungkin itu efek dari rokok dan begadang yang berlebihan,tapi semakin hari,muka Dika keliatan makin pucat dan badannya makin kurus,Selly sempat merasa khawatir akan keadaannya Dika,tapi Dika selalu bisa menyembunyikan penyebab kenapa dia jadi seperti itu..karena tak tahan..Selly memberanikan diri bertanya lagi kepada Dika. “..lo kenapa sih Dik,lo sakit..lo tiap hari makin pucet aja mukanya..”.Dika hanya menggeleng sambil tersenyum. “.gapapa..biasa kecapean,yah u knowlah..gw kan sering begadang maen komputer,maen PS mpe pagi..kurang tidur..ngerokoknya kuat,.bentar lagi juga sembuh..don’t worry be happy aja..hehe”.Dika,seperti biasa,dengan gaya khasnya membuat Selly mau ga’mau tersenyum..tapi dalam hati Selly tetap khawatir..
Keesokan harinya,Dika ga masuk,,Guru Piket datang memberitahukan ke wali kelas kalau Dika dirawat di rumah sakit akibat penyakit yang dideritanya.Selly terhenyak kaget mendengarnya. “.Dika sakit apa pak?”.tanya Selly dengan nada khawatir..Guru Piket hanya menjawab pelan. “..TBC.”..seisi kelas mendadak hening.Selly terdiam,matanya terasa panas,dan tanpa disadari airmatanya menetes,seiring dengan ajakan wali kelas untuk menghentikan pelajaran sejenak dan berdoa untuk kesembuhannya Dika.
“..Dik..lo kemana sih,,cepet sembuh yah..gw kangen sama lo..gw pengen dilatahin lagi sama lo Dik,,gw pengen kita becanda-becanda lagi kaya dulu..gw pengen bisa makan lagi sama lo di warungnya Bang Dali kaya dulu..Ya Allah,,sembuhin Dika yah..Amin..”.kata Selly dalam doa setiap dia solat..udah seminggu semenjak terakhir Dika dirawat di rumah sakit..dan selama seminggu itu dia menemani Dika,,kadang dateng dengan Andi,dan kadang,tanpa Andi.Andi pun ga pernah marah kalau Selly dateng sendirian,karena Andi tau,betapa berartinya Selly buat Dika,,karena Andi tau,,Dika sayang sama Selly,,karena Dika yang minta supaya Andi yang jadi pacarnya Selly.
“..Ndi,,lo suka sama Selly kan?.”..tanya Dika sama Andi,Andi tak menjawab,karena dia tau Dika sayang banget sama Selly..karena Dika udah 3 tahun ini ngerahasiain perasaannya dari Selly. “..gapapa Ndi,.lo ga usah khawatir sama perasaan gw ke Selly..gw ga bakalan marah sama lo..gw tau lo suka sama Selly kan?.”.Andi hanya mengangguk lemah..Dika tersenyum. “..Ndi,gw minta lo jagain Selly ya..karena gw ga akan bisa,,karena waktu gw ga akan lama lagi disini..tolong jangan bikin dia sedih,kecewa apalagi nangis..karena kalo ngga,,gw bakalan marah banget sama lo.!”..kata Dika lagi.. “..iya Dik,,gw janji..”.itu percakapan terakhir mereka tentang Selly 3 tahun yang lalu..dan Andi baru mengetahui makna dari kata-katanya Dika sekarang.

Dika udah pergi..dengan tenang..karena akhirnya dia harus nyerah sama penyakit TBC yang dideritanya..Selly terpukul banget atas meninggalnya Dika,sangat terpukul.Andi pun tak sanggup menyembunyikan kesedihannya..teman-teman sekelaspun juga merasa kehilangan sosok ketua kelas yang doyan ngebanyol,tapi tegas..sekarang,,hanya doa dan air mata yang mengiringi kepergian Dika..
Seminggu setelah Dika meninggal,orang tua Dika memberikan surat yang ditulis sama Dika untuk Selly sebelum Dika meninggal.Selly menerimanya dengan menahan airmata..dan dengan segenap kekuatan yang dimilikinya,Selly membaca surat tersebut,sambil terisak…

Untuk Selly..
aku sayang sama kamu..tapi aku ga pernah berani utarain itu semua.karena aku tau,
dengan penyakit yang aku derita,aku ga akan bertahan lama..tapi,aku,udah milih Andi, seseorang yang aku anggap tepat untuk nemenin kamu,entah sampai kapan,,karena sekarang itu tinggal gimana kamu yang ngejalaninnya sama Andi..Ly,aku sayang banget sama kamu.kamu cinta pertama aku,,dan pastinya yang terakhir buat aku..Ly,kalo aku udah pergi..kamu jangan pernah lupain aku ya..setidaknya,kamu inget aku..inget pernah ada orang yang bernama Dika..yang sayang banget sama kamu..
aku masih punya sebuah cinta buat kamu..dan cinta itu memang hanya untuk kamu..
untuk kamu rasa,untuk kamu ingat..
take care ya,Marsellyza Faharsya Hakim..baik-baik sama Andi..karena ketika kamu baca surat ini..aku udah pergi jauh…aku sayang kamu..selamanya..

-Dika Putra-

ternyata penantian panjang ini harus kuakhiri..karena waktu tak selamanya berpihak padaku,karena ragaku,tak selamanya sanggup menemanimu.hanya cintaku yang tersisa untukmu..lewat angin,kau akan merasakan desahan nafasku,lewat hujan,kau akan merasakan airmataku,lewat mentari pagi,kau akan merasakan semangatku..dan lewat dia,kau akan merasakan cintaku.. –Dika Putra-

Membaca bagian terakhir puisi dari Dika Selly kembali terisak..matanya menerawang jauh..mengingat waktu-waktu indah yang pernah ia lalui sama Dika.. “..aku juga sayang kamu Dika..”.lirihnya.ia menangis,dan disela-sela tangisannya itu menyisakan sebuah harapan,semoga Dika bahagia di sisi-Nya..dan harapan bahwa Andi,seseorang yang dipilih Dika,mempunyai sebuah cinta untuk Selly,dan hanya untuk Selly.seperti yang Dika rasakan.

dedicated to : “dia”…perasaan gw masih sama kaya 7 tahun yang lalu..dan itu ga pernah berubah sampe sekarang..walopun udah ada beberapa cewek yang sempet ngisi hati gw..tapi di hati gw yang terdalam,lo ga akan pernah tergantikan.gw akan selalu cinta sama lo…dan cinta gw , emang cuma buat lo.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s